Official Website

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Join Us On

Search

Minggu, 14 Oktober 2012

Apa Sih Himakom Itu?

Apa sih Himakom itu? Kalau orang awam pasti bingung ya sama Himakom. Kalau kata anak ABG sekarang, tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan dulu biar nanti bisa sayang-sayangan. hehee... Yuk kenalan lebih jauh sama Himakom FISIP UNS. 

Himakom kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) FISIP UNS merupakan lembaga kemahasiswaan yang mengemban dua fungsi utama yaitu fungsi kaderisasi dan profesionalitas. Terbentuknya Himakom tidak terlepas dari tuntutan masyarakat akan kualitas sumber daya manusia di bidang ilmu komunikasi yang tidak saja memiliki penguasaan disiplin Ilmu Komunikasi, namun juga pengaplikasian yang handal dalam hidup bermasyarakat.

Himakom FISIP UNS berdiri pada tanggal 30 Maret 1990 di Surakarta, udah lumayan tua kan. Himakom sendiri berprinsip pada kemajuan Ilmu Komunikasi, khususnya peningkatan keilmuan, keterampilan dan pengabdian kepada masyarakat. Sekretariat Himakom FISIP UNS berada di Gedung IV lantai 1 Kompleks FISIP UNS Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta.

Anggota Himakom FISIP UNS adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS S1 Reguler pada setiap angkatannya, baik yang berstatus aktif maupun selang. Keanggotaan Himakom sendiri bersifat otomatis. Kepengurusan Himakom diambil dari Open Recruitment yang biasa diadakan di akhir masa kepengurusan. Pengurus Himakom FISIP UNS terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum dan staf-stafnya,  Bendahara Umum dan staf-stafnya, Ketua Bidang dan Sekretaris Bidang beserta staff-staffnya, dan Lembaga Semi Otonom (LSO) bila diperlukan. Bidang-bidang di Himakom meliputi bidang minat dan bakat, bidang advokasi dan kemahasiswaan, bidang hubungan masyarakat, dan bidang diskusi dan penalaran.

Himakom FISIP UNS berfungsi sebagai berikut:
1. Mewadahai aktivitas dalam pengembangan kelimuan serta minat dan bakat di bidang Ilmu Komunikasi.
2. Memfasilitasi dan memperjuangkan hak-hak mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS di bidang akademis dan kemahasiswaan dalam lingkup UNS

Sebagai identitas sendiri, Himakom FISIP UNS juga punya lambang yang keren loh. Lambang Himakom berupa gambar
Keterangan gambar:
  • 3 lingkaran hitam dan 3 lingkaran putih  melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi. Keseimbangan antara 3 lingkaran atas dan bawah bermakna keseimbangan antara input dan output proses belajar di Perguruan Tinggi.
  • Tulisan HIMAKOM yang terdiri dari tulisan Hima kecil melambangkan mahasiswa yang rendah hati. Dan tulisan KOM yang besar melambangkan ilmu pengetahuan yang agung.
  • Warna Hitam melambangkan ilmu pengetahuan dan warna putih melambangkan kesucia  dari peran dan fungsi komunikasi.
  • Tulisan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS melambangkan identitas diri.

Cukup segini dulu ya perkenalan kita. Kalau mau tau lebih dalam tentang Himakom FISIP UNS, yuk datang aja ke sekre Himakom di Gedung IV lantai 1 FISIP UNS. Salam komunikasi, Ave Komunikare!!..

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tapi yang sopan ya :))