Official Website

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Join Us On

Search

Kamis, 20 Juni 2013

Kunjungan Pengurus HIMAKOM FISIP UNS ke Kantor Surat Kabar Harian SOLOPOS

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, mengadakan kunjungan ke kantor surat kabar harian Solopos, pada Kamis (23/5). Kegiatan yang diikuti oleh 25 pengurus HIMAKOM ini, bertujuan untuk mengenalkan dunia jurnalistik, khususnya pada kegiatan jurnalistik itu sendiri.

Kegiatan ini diawali dengan diskusi bersama mengenai humas dan reporter Solopos kegiatan jurnalistik pada Harian Pagi Solopos. Diskusi ini berlangsung lebih dari satu jam dengan pembahasan terkait pemberitaan, iklan media cetak, ranah kerja reporter, pembagian kerja reporter, proses bagaimana seorang reporter menjadi editor, serta berbagai hal terkait dengan kegiatan jurnalistik.

Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Pada kesempatan ini, peserta cukup antusias untuk bertanya. Berikut adalah kesimpulan dari diskusi dan tanya jawab bersama Solopos:
Tidak semua fakta bisa dijadikan berita, karena tidak semua fakta memiliki nilai berita
  • Pembagian reporter: dibagi ke beberapa daerah, dibagi ke dalam berbagai bidang
  • Berita yang berasal dari masyarakat umum merupakan berita awam, yang nantinya bisa diubah menjadi berita yang benar-benar matang dan bisa dimuat di media cetak
  • Di Solopos tidak ada istilah wartawan freelance, karena syarat minimal wartawan Solopos adalah Sarjana (S1)
  • Tidak ada permasalahan dalam pemuatan iklan di Solopos, karena semua iklan sesuai dengan visi Solopos

Setelah dirasa cukup untuk berdiskusi, kegiatan ini diakhiri dengan melihat langsung kegiatan jurnalistik di kantor surat kabar harian Solopos, seperti redaksi, proses mencetak surat kabar, radio Solopos, dan sebagainya.

Pengurus HIMAKOM FISIP UNS saat berada di depan kantor surat kabar harian Solopos

Acara ini dirasa cukup menarik, peserta dapat berdiskusi dengan praktisi di bidang jurnalistik. Selain itu peserta juga dapat bertanya langsung kepada humas maupun reporter Solopos yang sudah berpengalaman dalam ranah kerjanya. Dengan adanya kegiatan ini, pengurus HIMAKOM FISIP UNS dapat mengetahui kegiatan jurnalistik pada media cetak.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tapi yang sopan ya :))