Official Website

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Join Us On

Search

Senin, 24 Juni 2013

Seminar Public Relation Bersama The Sunan Hotel Solo

The Sunan Hotel bersama HIMAKOM FISIP UNS mengadakan sebuah acara bertajuk The Sunan PR Day. Acara yang diadakan pada Kamis (13/6) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai dunia kehumasan. Bertempat di Wiryowidagdo Ballrom The Sunan Hotel Solo, acara ini berlangsung dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB. Acara yang diikuti oleh 60 peserta ini merupakan acara yang sangat unik. Hal ini karenakan semua peserta diharuskan untuk mengenakan dress code layaknya seorang PR.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh peserta lokal asal Universitas Sebelas Maret, tetapi juga berbagai universitas lainnya, seperti Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Gadjah Mada (UGM), UPN Veteran Yogyakart, dan Universitas Slamet Riyadi (Unisri).

Dalam acara ini terdapat 6 pembicara yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja kehumasan. Pembicara-pembicara tersebut antara lain, Indra Wibowo (Executive Assistant Manager Marketing The Sunan Hotel), Retno Wulandari (PR Manager The Sunan Hotel), Flora Izza (General Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo), Suwarmin (Wakil Pimpinan Redaksi Solopos), Irfan Sutikno (Fresh Blood Indonesia), dan Ulin Niam Yusron (Founder Berita Satu).

Materi pertama diisi oleh Indra Wibowo mengenai Business Landscape in Hospitality Industry. Dalam materi ini menekankan pada bisnis perhotelan. Menurut Indra, bisnis perhotelan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Dunia perhotelan memberikan peluang kerja yang luas kepada lulusan strata satu untuk bisa  membangun karier dalam bidang ini. Karier di perhotelan antara lain Guest Relation Office, Sales & Marketing, Public Relation, dan General Manager.

Materi kedua diisi oleh Retno Wulandari mengenai Crisis Management. Dalam materi kedua ini menekankan pada efektifitas PR dalam menangani permasalahan perusahaan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan seorang PR adalah mengidentifikasi krisis, menganalisis krisis, mengatasi krisis, dan mengevaluasi krisis.

Materi selanjutnya Building Corporate Image oleh Flora Izza. Dalam materi ini dijelaskan mengenai 7 pendorong utama Quantum Leap untuk meningkatkan image perusahaan, khususnya perusahaan dalam bidang penerbangan. Faktor pendorong tersebut antara lain domestic, international, LCC, fleet, brand, cost discipline, dan human capital. Irfan Sutikno memberikan materi mengenai Strategic Planning, khususnya dalam bidang advertising. Menurut Irfan, perencanaan strategis sebuah perusahaan haruslah simple, unpredicted, persuasive, entertaining, relevan, dan acceptable.

Materi How to Handle Media diisi oleh Suwarmin. Suwarmin menekankan pada perbedaan Public Relatin (PR) dan media. Materi terakhir diisi oleh Ulin Niam Yusron atau yang kerap disapa Ulin. Dalam materi ini menjelaskan mengenai Online Journalism and Social Media.


Acara yang juga didukung oleh Solopos dan Garuda Indonesia ini, diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan photo session seluruh peserta bersama keenam pembicara. Acara ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta tentang dunia kehumasan serta permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi oleh seorang PR.

Selamat berproses, semoga sukses!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tapi yang sopan ya :))