Official Website

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Join Us On

Search

Selasa, 05 Juli 2011

Batik Milik Indonesia


Seringkali kita memakai baju batik. Namun terkadang hanya asal pakai saja tanpa menyadari betapa batik itu mempunyai nilai tinggi. Menurut kebanyakan orang, baju batik lebih cocok dipakai di acara formal saja, bahkan batik sering kali dicap sebagai pakaian untuk orang tua. Tapi kini batik tidak seperti itu, bahkan sekarang banyak anak muda yang senang menggunakan batik.

Ada rasa bangga tersendiri ketika memakai baju batik. Bangga?? Apa hubungannya BATIK vs BANGGA?? Jelas ada. Seorang wanita akan terlihat menawan, rapi dan merasa Indonesia banget jika menggunakan pakaian batik. Semua mata akan tertuju padanya. Waooo cantiknya!!! Sedangkan seorang pria yang menggunakan baju Batik akan terlihat gagah, berwibawa, rapi, dan tampak lebih dewasa.

Sedikit mengulik tentang sejarah batik dan perkembangannya. Batik berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "nitik". Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak (menggunakan canting atau cap) dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak "malam" (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Nah, kalau ngomongin soal bangga dengan Indonesia, masih ingatkah sobat semua pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu? Batik telah dikukuhkan oleh UNESCO. Rasanya kita semua bangga, bahwa UNESCO telah mempatenkan batik sebagain milik Indonesia. Siapa sih yang tak bangga? Setelah akhirnya satu kebudayaan dengan citra seni tinggi ini dikukuhkan juga oleh UNESCO. Anda semua tentu yakin, bahwa semua warga Indonesia pasti akan berteriak dengan bangganya "BATIK MILIK INDONESIA".

Corak dan warna batik itu memiliki filosofi kuat tersendiri. Batik bukanlah sebuah kain yang bercorak atau hiasan warna saja melainkan setiap garis corak dan warna yang dilukiskan dikain itu memiliki sebuah nilai, cita, dan seni yang luar biasa. So, tak heran jika batik jadi rebutan, tapi kita tak perlu kuatir akan itu, UNESCO telah menetapkan batik milik kita.

Batik telah banyak diproduksi menggunakan Batik Cap. Namun, batik tulis sepertinya terlihat lebih bagus. Saking cintanya sama batik, nenek yang usianya lanjut masih dengan tekunnya membatik. Hemm,... sungguh luar biasa.


sumber http://inamuth2.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tapi yang sopan ya :))